Apa itu SEO

Apa Itu SEO? Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika kita menyebut kata SEO, yang pertama kali ditanya oleh orang lain adalah “Apa itu SEO?”. Memang, SEO belum banyak diketahui oleh masyarakat di zaman sekarang.

Pertanyaan ini juga seringkali dilontarkan oleh mereka yang baru memulai membuat website maupun blog. Karena, mereka membutuhkan SEO untuk mengoptimasi website mereka.

Secara sederhana, memang tujuan dan manfaat SEO adalah untuk mengoptimasi website dan membuatnya mendapatkan ranking pada pencaharian google. Namun, bagaimana cara kerjanya?

Yuk Ketahui Lebih Dalam Mengenai Apa Itu SEO

Apa itu SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi sebuah website agar mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian.

Jika mendapatkan ranking pada hasil pencarian, potensi trafik organic juga akan meningkat. Selain itu, SEO juga bisa memberikan kalian trafik yang tepat sesuai dengan tujuan website kalian.

Namun, untuk bisa mendapatkan trafik yang tinggi dan tepat sasaran, kalian perlu mengikuti beberapa aturan yang ditetapkan oleh Google.

Kalian juga perlu paham bagaimana algoritma Google, bagaimana SEO bekerja, dan apa indicator utama SEO.

SEO On Page

Apa itu SEO

SEO On Page merupakan faktor yang akan menentukan apakah sebuah website teroptimasi atau tidak kepada mesin pencari dilihat dari dalam website itu sendiri.

Optimasi On Page ini bertujuan untuk mesin pencari tahu apakah website kita relevan dan sesuai dengan keyword / dengan apa yang dicari oleh user serta benar memiliki kualitas yang baik.

Kunci dari On Page adalah relevan dan berkualitas. Dengan memenuhi 2 hal ini, website barulah bisa memungkinkan mendapat peringkat di Google.

SEO Off Page

Apa itu SEO

Sedangkan Off Page SEO merupakan usaha optimasi mesin pencari namun dari luar website. Beberapa praktisi SEO menganggap optimasi dari dalam website mungkin kurang baik atau kurang optimal.

Karena itulah, mereka menggunakan Off Page SEO untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil pencarian. Terutama untuk website baru yang masih belum mendapatkan pembaca.

Karena itulah, praktisi SEO menggunakan link dari website lain (atau yang biasa mereka sebut Backlink) memegang peranan penting di dalam SEO.

Namun, saat ini Google menjadi sangat ketat dalam seleksi Backlink. Jadi, tak semua backlink bisa memberikan efek yang positif untuk website. Ada 2 faktor yang menentukan efek dari pondasi backlink, yaitu natural dan berkualitas.

Cara Kerja SEO

Apa itu SEO

Setelah mengetahui arti SEO, selanjutnya kita harus mengetahui bagaimana cara SEO bekerja. Mesin pencari atau Google menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan konten mana yang layak dan bisa menempati ranking teratas dari pencarian.

Hal ini juga berlaku di semua mesin pencari, mulai dari Google, Bing, Yahoo, dan sejenisnya. Namun, 90% pangsa pasar internet di seluruh dunia dikuasai oleh Google.

Karena itu, kami akan menjelaskan bagaimana SEO bekerja pada algoritma Google. Google juga selalu memperbaharui algoritmanya untuk memberikan hasil yang solotif serta relevan.

Jadi, kalian harus selalu update mengenai algoritma Google ini. Karena langkah optimasi SEO yang berdasarkan pada algoritma Google yang lama tak akan memberi efek apapun.

Salah satu taktik lama yang digunakan adalah keyword stuffing dimana ini adalah praktik yang memasukkan focus keyword sebanyak-banyaknya ke dalam sebuah artikel.

Dulunya mungkin cara ini efektif. Bahkan jika konten yang dimiliki singkat dan tidak relevan. Namun, dengan pembaruan algoritma, kini taktik tersebut tak lagi berfungsi.

Lebih parahnya lagi, konten bisa terkena penalty jika ketahuan. Konten bisa dianggap sebagai spam jika terlalu banyak mengulang focus keyword.

Itulah beberapa informasi mengenai SEO mulai dari apa itu SEO, apa pengertiannya, hingga bagaimana cara kerjanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu website mu.