Kenali Digital Marketing Untuk Bisnismu, Yuk!

Apakah Anda tengah berminat untuk menjalankan bisnis secara digital? Memang banyak kabar yang mengatakan kalau bisnis ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan berbisnis yang memiliki bentuk fisik dan juga pemasarannya pun jauh lebih mudah. Tetapi jika Anda tidak memahami konsep dari digital marketing dengan baik, tentunya akan sulit untuk produk Anda bisa lebih dikenal atau meraih para pelanggan.

Sebenarnya konsep Digital Marketing sendiri sudah mulai berkembang sejak tahun 1990, di mana merubah strategi perusahaan dalam memasarkan sesuatu. Kini semakin banyak perusahaan yang menggunakan pemasaran digital untuk memperkenalkan produk mereka, di tambah dengan maraknya orang yang lebih memilih untuk berbelanja Online, jadi Digital marketing sangatlah penting untuk kemajuan dari suatu bisnis.

Berikut ini kami akan menjelaskan apa saja yang termasuk ke dalam digital marketing dan wajib untuk Anda yang tengah menjalankan bisnis Online atau pun offline untuk memahaminya.

Komponen Digital Marketing

1.SMS Marketing

SMS Marketing

Pernahkah kamu sedang melewati suatu daerah dan tiba-tiba terdapat sebuah teks singkat masuk ke dalam ponselmu dan menawarkan promo dari suatu tempat makan atau semacamnya? Nah, ini adalah salah satu jenis promosi digital dengan memanfaatkan SMS.

Biasanya penyedia layanan telepon menyediakan layanan ini untuk para perusahaan yang ingin beriklan dengan cara mengirimkan pesan singkat ke pengguna telepon seluler. Biasanya iklan ini berisikan promo menarik yang bisa mendatangkan pengunjung.

2. E-mail Marketing

E-mail Marketing

Selain menggunakan SMS, perusahaan juga memanfaatkan e-mail. Biasanya iklan ini berisi konten pemasaran yang mengenalkan produk baru dari perusahaan atau memberitahukan tentang adanya promo tertentu.

E-mail marketing ini dilakukan dengan cara menggunakan bantuan alat software yang bisa membantu perusahaan untuk menyebarkan e-mail ke semua costumer dengan cepat.

3. SEO (Search Engine Marketing)

SEO (Search Engine Marketing)

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan search engine, di mana ini merupakan alat pencari berbagai informasi yang Anda butuhkan, contohnya seperti Google.

Ketika kita mencari sesuatu di Google, pasti akan terdapat banyak hasil yang ditemukan. Namun, biasanya pada bagian paling atas adalah laman berupa iklan. Itulah yang dinamakan Pay per Click.

Sedangkan jika Anda enggan untuk membayar, bisa memanfaatkan perngoptimalan SEO. Mungkin cara ini tidak akan secepat yang berbayar, tetapi semakin diopstimasi lagi semakin lama website Anda akan semakin terdepan.

4. Dengan Sosial Media

Dengan Sosial Media

Mungkin ini bukan merupakan cara yang asing lagi untuk Anda yang sudah bergelut di dunia penjualan Online. Ya, mempromosikan suatu barang di Sosial media bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang berbayar, ada pula yang gratis.

Kalau yang berbayar, seperti yang bisa Anda lakukan pada Instagram atau Facebook, di mana mereka menawarkan untuk mempromosikan produk Anda ke pengguna lainnya.

Ada pula cara lain, di mana Anda bisa membuat konten menarik yang bisa menarik audiens untuk melihat produk Anda.

5. Content Marketing

Content Marketing

Terakhir yang kami akan bahas adalah Content Marketing, di mana ini merupakan cara yang marketing yang memadukan dengan seni.

Anda bisa membuat konten yang membuat Audiens tidak sadar kalau Anda sedang mempromosikan suatu produk. Cara ini sangat efektif untuk membuat audiens lebih tertarik dengan produk yang tengah Anda promosikan tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk Anda via Digital Marketing. Jadi sudah siapkah Anda untuk berjualan Online?