Influencer

Apa Itu Influencer? Dan Bagaimana Cara Memilih Influencer Yang Tepat?

Saat membuat promosi melalui media digital, kita pasti akan bertemu dengan istilah influencer. Namun, tak semua orang tahu apa itu influencer dan apa manfaatnya.

Secara sederhana, influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat (influence people).

Mereka bisa saja merupakan selebritis, youtuber, blogger, atau public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu.

Umumnya, mereka memiliki jutaan pengikut (follower) di media sosial. Namun, tak selalu begitu. Seseorang dengan ribuan followers juga bia disebut sebagai influencer jika memiliki pengaruh terhadap audience.

Pengaruh merupakan kekuatan seorang influencer. Mereka bisa menjadi seorang trend setter baik di skala yang kecil maupun besar.

Karena itulah, banyak pemilik bisnis yang menggandeng influencer untuk mempromosikan produk berkat pengaruh luar biasa itu.

Hal ini kemudian dikenal dengan nama influencer marketing yang berarti salah satu strategi pemasaran di mana perusahaan mengajak seorang influencer bekerja sama untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan sesuai dengan target pasar yang ditentukan.

Lalu, bagaimana cara memilih influencer dengan tepat?

5 Cara Memilih Influencer Yang Tepat Dengan Bisnis

Influencer

Ada beberapa tips yang harus kalian pertimbangkan sebelum memilih salah satu dari mereka, yaitu:

1.Sesuaikan Budget

budget

Jika kalian memiliki budget yang terbatas, bekerja sama dengan public figure mikro bisa menjadi pilihan terbaik. Karena, mereka lebih sering berinteraksi dengan follower mereka secara intens.

Tak jarang juga, ada masukan produk yang diberikan oleh beberapa follower pengguna produk tersebut.

Dengan informasi seperti ini, kalian bisa segera melakukan perbaikan walaupun dengan budget yang minimal, manfaat yang kalian terima pasti tak kalah besar.

2.Pilih Influencer Yang Cocok Dengan Target Pasar Bisnis

public figure

Target pasar berguna untuk mengetahui kelompok instrument kalian sehingga bisa menerapkan langkah promosi yang tepat sasaran.

Contohnya, jika kalian menjual produk anak-anak, target konsumen kalian adalah ibu-ibu rumah tangga. Kalian bisa melakukan riset siapa public figure yang sering memposting tetantang panduan parenting.

3.Sesuaikan Dengan Skala Promosi Produk

Influencer

Sebaiknya kalian memulai strategi influencer marketing kalian dengan menentukan skala promosi yang akan dilaksanakan.

Pilihlah influencer Indonesia yang sesuai dengan tujuan promosi kalian sehingga lebih efektif. Jika skala promosinya besar, jangan ragu untuk menggunakan public figure makro atau premium agar bisa menggebrak pasar.

Di sisi lain, jika promosi produk kalian skalanya kecil, gunakanlah public figure mikro yang lebih pas karena budget yang kalian keluarkan sesuai dengan hasil akhir yang kalian dapat.

4.Pilih Yang Memiliki Reputasi Baik

Influencer

Pilihlah public figure dengan reputasi yang baik di bidangnya. Apapun jenis influencernya, mikro maupun makro, bekerja samalah dengan yang memiliki reputasi baik agar lebih nyaman.

Jika kalian hanya melihat jumlah follower saja, namun sang public figure kerap bermasalah dengan hukum, tentu akan sangat berpengaruh pada produk kalian.

Selain itu, mereka yang memiliki reputasi baik tentu akan memiliki persona branding yang terjaga. Ini juga bisa membantu bisnis kalian membangun branding yang baik juga.

5.Memiliki Engagement Yang Tinggi

Influencer

Engagement antara public figure dengan followernya juga perlu kalian cermati. Karena, hal ini bisa menjadi tolak ukur bagaimana promosi produk kalian akan menyentuh calon konsumen.

Contohnya, jika kalian melihat public figure mikro yang selalu memiliki engagement yang tinggi, kalian bisa menggunakan jasanya untuk promosi produk kalian.

Sebaliknya, public figure dengan follower banyak namun engagement kecil pasti kurang menguntungkan.

Itulah 5 cara untuk memilih social media influencer yang tepat untuk bisnismu. Semoga bermanfaat.