SEO

Pengertian SEO Dan Cara Kerjanya

Pernah melakukan pencarian lewat Google? Secara tidak langsung kalian telah melihat bagaimana cara kerja SEO.

SEO lah yang bekerja memasukkan sebuah keyword yang mungkin kalian cari lalu mengoptimalkannya agar bisa kalian lihat.

Semakin tinggi peringkatnya maka akan semakin relevan dengan keyword yang kalian cari nantinya. Google juga akan menampilkan hasil pencarian terbaik pada halaman pertama kalian.

Namun, istilah SEO mungkin jarang terdengar di telinga kalian. Nah, untuk kalian yang ingin tahu, tak perlu khawatir karena di bawah ini kami akan memberikan berbagai informasi mengenai SEO yang perlu kalian ketahui.

Pengertian SEO

Pengertian SEO

SEO atau yang bisa disebut dengan Search Engine Optimization merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah website supaya bisa menjadi peringkat pertama pada mesin pencari.

Jika sudah mendapatkan peringkat paling atas, maka kalian akan mendapatkan trafik website yang lebih banyak dibandingkan website kalian.

Selain itu, dengan SEO kalian bisa mendapat trafik sesuai dengan tujuan website yang kalian buat. Dengan memiliki trafik tersebut, maka kalian bisa menindaklanjutinya.

Mungkin dengan berjualan, berbagi informasi, atau menghasilkan uang melalui iklan ads di Google melalui website kalian.

Google juga diketahui menggunakan sebuah algoritma tertentu yang bisa menentukan peringkat sebuah website. Algoritma ini juga selalu update, sehingga para SEO harus mengetahuinya.

Dengan menggunakan SEO, maka kalian harus menyesuaikan dengan algoritma Google yang paling baru agar mudah mendapatkan peringkat pertama.

Di dalam SEO juga ada dua jenis yaitu SEO On Page dan Off Page dimana SEO On Page merupakan sebuah langkah optimasi website yang dilakukan di dalam website kalian sendiri.

Intinya adalah kualitas konten yang bukan hanya berapa banyak keyword yang ada di dalam halaman namun juga isi konten yang bermanfaat dan pengunjung yang betah berlama-lama di dalam website kalian.

Sedangkan Off Page merupakan teknik melakukan optimasi website dari luarnya. Bisa dibilang seperti kita mempromosikan konten kita melalui link.

Kita menaruh link kita di website lain agar pengunjung website tersebut datang ke website kita melalui link tersebut.

Sejarah SEO

Sejarah SEO

SEO awalnya muncul di tahun 1997 tepatnya pada tanggal 26 Juli lewat sebuah pesan spam yang dipost di Usenet.

Saat baru muncul, algoritma yang dikeluarkan oleh Google masih belum terlalu banya dan kompleks seperti sekarang ini. Sehingga, dulu untuk mendapatkan sebuah trafik masih sangat mudah dan bisa dimanipulasi.

Dulunya, algoritma Google menentukan peringkat sebuah website melalui meta Tag dan juga kode HTML yang digunakan.

Meta tag diisi oleh informasi yang merangkum apa yang ada di dalam website sehingga apa yang dicari oleh pengunjung bisa lebih mudah ditemukan.

Saat itu, ada banyak pemilik website yang curang dalam melakukan optimasi websitenya dengan memasukkan kata kunci yang tak sesuai.

Karena itulah, dulunya mencari sebuah informasi di Google tak semudah sekarang ini karena ada banyak hal tak berhubungan yang bisa kita temukan.

Hal ini lalu menjadi perhatian Google untuk melakukan sebuah pengembangan melalui rangkaian algoritma Google agar hasil yang muncul lebih berkualitas dan berhubungan.

Itulah sedikit informasi mengenai SEO yang perlu kalian tahu. Jika kalian ingin mempelajari SEO, kalian bisa memulainya dengan membuat sebuah website terlebih dahulu dan mencari banyak informasi mengenai SEO. Semoga artikel ini bermanfaat.