web developer

Yuk Kenali Apa Itu Web Developer

Mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah mendengar pekerjaan pengembang web. Namun, belum tentu kita semua tahu apa itu web developer.

Nah, agar mengenal lebih dalam, di bawah ini kita akan membahas seputar pengembang web mulai dari pengertian hingga kisaran gajinya.

Mau Jadi Web Developer? Yuk Ketahui Dulu Tugasnya

Web Developer

Web developer adalah pengembang web yang bekerja untuk merancang, membuat, serta memelihara situs web dan aplikasi web.

Jadi, bisa dibilang pengembang web merupakan seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu web.

Kebanyakan dari mereka bekerja di perusahaan khusus dalam pengembangan perangkat lunak, TI, atau konsultasi komputer. Namun, ada juga beberapa pengembang web yang bekerja sebagai seorang freelancer dan tak terikat pada perusahaan.

Focus utama mereka adalah selalu menciptakan aplikasi serta layanan web yang efisien dan konsisten. Pengembang web juga harus berusaha memberikan dan memenuhi kebutuhan klien.

Biasanya pekerjaan dan tugas mereka dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Fronted Developer – pengembang web yang bertugas mendesain dan membangun web antarmuka dan bertanggung jawab dalam membangun bagian interface dari sisi user. Seorang fronted developer harus menguasai HTML, CSS, dan Javascript.
  • Backed Developer – seorang yang bertugas mengelola nagian sisi dalam website seperti database, server, dan aplikasi. Mereka juga melakukan perhitungan, memproses form pendaftaran, menyimpan data pengguna, dan lain-lain. Seorang backed developer harus menguasai bahasa programmer.
  • Fullstack developer – adalah pengembang web yang bertugas membuat sisi luar dan dalam website. Mereka harus menguasai fronted dan backed sekaligus.

Skill dan Kualifikasi Web Developer

Web Developer

Untuk bisa menjalankan tugas web developer, pasti kita harus mengetahui dulu skill apa yang dibutuhkan. Dengan memiliki skill, maka barulah kita bisa belajar web developer lebih dalam.

  • Pengetahuan dan kemampuan yang luar biasa

Seorang pengembang web harus memiliki pengetahuan serta kemampuan yang luar biasa. Hal ini juga wajib dimiliki oleh mereka.

Kalian harus memiliki pemahaman luas mengenai komputer dan sistem informasi. Kalian juga harus memiliki kemampuan pengembangan teknologi yang kuat, jadi kamu harus mahir dalam menguasai teknologi terbaru yang tersedia dan selalu mengikuti tren.

  • Teliti dan Ahli Memecahkan Masalah

Seorang pengembang web harus memiliki ketelitian yang tinggi karena satu kesalahan bisa merusak seluruh web. Pengembang web juga harus ahli dalam memecahkan masalah dan membuat analisa logis mengenai masalah, mengidentifikasi, sampai menyelesaikan masalah dengan tepat waktu.

  • Bertanggung Jawab dan Mampu Bekerja Mandiri / Tim

Kalian harus bisa bertanggung jawab dan mampu mencapai tujuan serta tepat waktu atau sesuai deadline. Kalian juga wajib bekerja secara mandiri atau tim dan harus mampu bekerja dengan pengawasan minimum serta bisa menyampaikan informasi dan tugas dalam suatu kelompok.

  • Kemampuan Multitasking dan Komunikasi Yang Luar Biasa

Seorang pengembang web harus bisa menilai beberapa masalah sekaligus dan mengerjakan lebih dari satu proyek sekaligus. Selain itu, kalian juga harus mampu berkomunikasi dengan rekan kerja / atasan, memberi tahu rekan mengenai masalah dan memperbaharui informasi kepada klien tentang kemajuan proyek.

Gaji Web Developer

Web Developer

Setelah mengetahui pengertian web developer, sekarang saatnya kalian mengetahui berapa kisaran gaji mereka.

Gaji mereka tergantung pada posisi, lokasi bekerja, dan perusahaan. Rata-rata gaji mereka di Amerika mencapai $63,254 / tahun atau sekitar &5,2711 / bulan.

Jika di rupiahkan dengan kurs Rp 14.000 / $, maka gajinya sebesar Rp 448.000 / jamnya. Sedangkan di Indonesia gaji seorang pengembang web berkisar antara 5 juta – 12 juta per bulan. Tergantung pada perusahaan dan posisi bekerja.

Itulah seputar informasi mengenai web developer. Tertarik bergabung menjadi salah satu dari mereka?